Syah Artuna Suka membaca tapi tak pandai menulis. Suka bercerita tapi seorang pendiam. Suka berpetualang tapi seorang introvert. Pemalas tapi tau cara tercepat menyelesaikan pekerjaan.

17 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Populer dan Menarik

6 min read

Tempat Wisata di Yogyakarta

Memasuki tahun 2023 nampaknya akan menjadi tahun terbaik bagi pariwisata Yogyakarta. Tak kurang dari belasan tempat wisata baru dibuka di Yogyakarta, beberapa di antaranya bahkan masih tersembunyi. Belum lagi puluhan hotel unik di Jogja, dari yang kecil hingga besar, dari yang murah hingga yang mewah, tiba-tiba muncul di berbagai sudut Yogyakarta. Namun di antara semua objek wisata itu, ada 17 tempat wisata di Yogyakarta paling populer dan menarik untuk tahun 2023.

Tempat wisata di Yogyakarta mana sajakah yang menjadi objek paling populer untuk tahun ini menurut Pariwisata Indonesia? Apakah kamu sudah mengunjungi semuanya?

Pariwisata Indonesia akan membaginya menjadi tiga kategori besar, yaitu tujuan wisata alam, tujuan wisata budaya dan sejarah, serta wisata kuliner yang paling populer. Yuk, kita lihat.

Tempat Wisata Alam Populer di Yogyakarta

1. Kaliurang

Tempat Wisata di Yogyakarta Kaliurang
Tempat wisata di Yogyakarta – Kaliurang, Sleman | photo via yogyes.com

Yes, Kaliurang masih menjadi tempat wisata di Yogyakarta paling populer di tahun 2023 untuk kategori wisata alam. Suasana dan hawanya yang sejuk, kemudahan akses dan kelezatan jajanan yang tersedia di Kaliurang memang belum terkalahkan oleh objek wisata mana pun.

Camilan jadah tempe, contohnya, hanya bisa kamu temui di Kaliurang. Begitu turun dari objek wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi itu, jadah tempenya sudah tak seenak jadah tempe yang asli dibuat oleh para warga Kaliurang.

2. Gua Pindul

Tempat Wisata di Yogyakarta Gua Pindul
Cave tubing di Gua Pindul Yogyakarta | photo by tiket.com

Tempat wisata alam paling populer di Yogyakarta berikutnya adalah Gua Pindul, yang berlokasi di Gunung Kidul. Gua Pindul, yang merupakan salah satu dari tujuh gua dengan aliran sungai bawah tanahnya ini memang menawarkan sensasi eksplorasi alam yang luar biasa melalui cave tubing-nya.

Kamu bisa menikmati berbagai ornamen alam yang indah di dalam Gua Pindul ini, seperti moonmilk, batu kristal, stalagtit dan stalagmit yang di beberapa tempat menyatu membentuk pilar alami yang kokoh dan indah.

3. Pantai Indrayanti

Tempat Wisata di Yogyakarta Pantai Indrayanti
Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul | photo by orami.co.id

Pantai Indrayanti, yang juga sering disebut dengan Pantai Pulang Syawal, menjadi pantai tujuan wisata paling populer di Yogyakarta untuk tahun 2023 versi pariwisataindo.com. Meski pantai-pantai lain tak kalah indahnya, Pantai Indrayantilah yang biasanya menjadi tujuan utama para wisatawan dan pelancong jika ingin menikmati suasana laut yang dibingkai pantai pasir putih yang indah.

Meski di sekitar Pantai Indrayanti sudah dibangun restoran dan cafe juga berbagai kios yang menjual suvenir, namun keaslian Pantai Indrayanti masih terjaga. Untuk sekedar tambahan, tak jauh dari tempat wisata di Yogyakarta ini terdapat sebuah pantai elok yang belum banyak diketahui yaitu pantai Pok Tunggal.

4. Sungai Progo Bawah

Tempat Wisata di Yogyakarta Sungai Progo
Uji adrenalin dengan rafting di Sungai Progo

Tempat wisata di Yogyakarta ini sebenarnya merupakan objek wisata yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Namun jaraknya sangat dekat dengan Yogyakarta, dan kebanyakan wisatawan memang berangkat dari arah Yogyakarta.

Sehingga tak sedikit perusahaan pemandu wisata Yogyakarta yang merekomendasikan wisata sungai ini untuk bisa dinikmati oleh para wisatawan, terutama mereka yang ingin menguji nyali untuk menaklukkan arus Sungai Progo.

Meski memang sangat memacu adrenalin, namun wisata rafting ini aman untuk dilakukan bersama keluarga lho. Banyak pemandu rafting yang menjamin Zero Accident, dengan peralatan dan perlengkapan yang lengkap dan sesuai standar keamanan yang berlaku.

Para pemandunya pun sangat profesional. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mengajak keluarga kamu untuk bersama-sama mengarungi Sungai Progo ini ya.

5. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat Wisata di Yogyakarta Air Terjun Sri Gethuk
Air terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul | photo by travelspromo.com

Tempat wisata alam di Daerah Istimewa Yogyakarta ini terbilang masih jauh dari jangkauan para wisatawan, karena memang membutuhkan usaha dan tenaga yang cukup ekstra untuk bisa mencapai lokasi Air Terjun Sri Gethuk ini.

Kamu harus melewati hutan kayu putih milik Perhutani, melewati hutan pohon jati yang cukup rapat, dan kemudian harus melewati jalan setapak menembus persawahan. Rute terakhir juga bisa ditempuh dengan alternatif lain, yaitu naik rakit menuju hulu Sungai Oya.

6. Hutan Pinus Mangunan

Tempat Wisata di Yogyakarta Hutan Pinus
Tempat wisata di Yogyakarta yang paling keren buat selfie | photo via raskita.com

Yang suka selfie di tengah objek alam yang indah, kayaknya wajib banget nih untuk selfie di tengah hutan pinus Mangunan. Berada di tengah jajaran pohon-pohon yang besar begini tentu bisa menciptakan foto selfie yang luar biasa ya. Lokasi hutan pinus ini searah kalau kamu akan menuju ke situs makam raja-raja di Imogiri.

Mudah banget ditemukan. Di dekat hutan pinus ini juga ada sumber mata air Bengkung, yang konon pernah menjadi lokasi pertapaan Sultan Agung.

Tempat Wisata Budaya di Yogyakarta

Untuk kamu yang ingin referensi tempat belajar budaya Jawa di Jogja maka silahkan baca pada: 7 Museum Budaya di Yogyakarta.

7. Keraton Yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat | photo via kompas

Sejarah Yogyakarta memang terpusat di Keraton Yogyakarta, dan menjadi museum hidup bagi pelestarian kebudayaan Jawa. Tak hanya koleksi barang-barang Keraton saja yang bisa kamu nikmati di sini, tapi kamu juga bisa melihat secara langsung kegiatan para abdi dalem sehari-hari.

Juga ada berbagai pertunjukan seni budaya yang berbeda-beda tiap harinya. Tak hanya itu, kamu juga bisa lho belajar gamelan langsung pada abdi dalem yang memang sudah ahlinya.

8. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari Yogyakarta | photo by kompas

Kalau sudah mengunjungi Keraton Yogyakarta, kayaknya tujuan wajib berikutnya adalah istana air Taman Sari. Lokasinya tak jauh dari Keraton, hanya sekitar 10 menit saja dengan menggunakan becak.

Di Taman Sari, kamu bisa menikmati jejak-jejak sejarah kebudayaan Keraton dengan lebih dekat. Konon, Taman Sari ini dulu merupakan tempat beristirahat bagi Sultan. Area yang di mana Taman Sari berada ini sangatlah luas, jadi jangan berhenti hanya di sekitar permandiannya saja.

Kamu harus terus menjelajah ke lorong-lorong bawah tanahnya yang membawamu ke bagian lain, yaitu Pasarean Ledoksari dan Sumur Gumuling. Kamu juga bisa melanjutkan perjalananmu hingga ke Pulo Cemeti dan berakhir di Pasar Ngasem, yang kini telah direvitalisasi menjadi pasar seni dan budaya.

9. Makam Raja-raja Imogiri

Makam raja-raja Imogiri, Yogyakarta | photo by kompas

Kemudian ada Makam Imogiri yang merupakan area makam khusus bagi raja-raja Kesultanan Mataram, yang dibangun oleh Sultan ketiga, yang merupakan keturunan langsung dari Panembahan Senopati.

Karena Kesultanan Mataram terpecah menjadi dua, maka area makam ini pun kini juga terdiri dari dua bagian, yaitu area makam untuk Kasunanan Surakarta dan area makam untuk Kesultanan Yogyakarta. Ada aturan yang sangat ketat bagi pengunjung yang ingin memasuki area makam untuk berziarah.

Jadi, ada baiknya kamu mencari informasi lebih dulu jika memang ingin masuk dan melihat sendiri makam-makam raja Yogyakarta di Imogiri ini.

10. Tempat Wisata di Yogyakarta – Prambanan

Candi Prambanan, Sleman | Photo via tempo

Selanjutnya ada Candi Prambanan merupakan objek wisata paling populer di Yogyakarta untuk tahun 2023 berikutnya. Candi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dengan Klaten Jawa Tengah ini memang menjadi candi wajib kunjung pertama di Yogyakarta.

Daya tarik lain dari Candi Prambanan, selain candinya sendiri yang indah, adalah adanya Sendratari Ramayana yang dipentaskan setiap malam bulan purnama di area candi ini.

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Candi Prambanan, jangan lupa untuk juga mengunjungi candi-candi lain yang berlokasi tak jauh dari sana. Seperti Candi Kalasan, Plaosan, dan juga Candi Ratu Boko.

11. Monumen Jogja Kembali

Penampakan Monumen Yogya Kembali | photo by yogyes

Monumen yang terletak di sudut Ringroad Utara dan Jalan Palagan Tentara Pelajar ini menjadi tempat menyimpan saksi-saksi sejarah perjuangan melawan Belanda di Yogyakarta. Tak hanya berbagai atribut perang dan barang-barang sejarah saja yang bisa kamu nikmati di sini, tapi juga ada diorama dan juga wahana-wahana permainan anak.

Saat malam, kamu juga bisa mengunjungi area Monumen Jogja Kembali untuk menikmati berbagai bentuk lampion yang indah di Taman Pelangi-nya. Ini yang membuat tempat wisata di Yogyakarta ini begitu menarik.

12. Museum-museum di Yogyakarta

Tempat Wisata di Yogyakarta – Benteng Vredeburg | Photo via andikaawan.blogspot.co.id

Selain Keraton dan Monumen Yogya Kembali, masih banyak museum tempat menyimpan jejak-jejak sejarah yang lain yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan terutama yang menyukai sejarah dan budaya.

Sebut saja Museum Sonobudoyo I dan II, Museum Benteng Vredeburg, Museum Perjuangan, Museum Sandi Kotabaru, Museum Mainan Anak Kolong Tangga, Museum Gunung Api dan juga museum yang sangat eksotik, yaitu Museum Ullen Sentalu.

Tempat Wisata Kuliner Populer di Yogyakarta

Tempat wisata di Yogyakarta memang begitu lengkap. Semuanya ada disini termasuk wisata-wisata kuliner yang sangat ikonik berikut ini. (Untuk pembahasan lebih lengkap lagi ada biaknya kamu membaca: 23 makanan khas jogja dari yang terpopuler sampai yang paling ekstrem)

13. House of Raminten

House of Raminten, yang menyediakan berbagai menu unik khas Yogyakarta

Kurang lengkap kan, kalau kita nggak mencicipi berbagai kuliner khas Yogyakarta?

Tak perlu susah-susah mengunjungi berbagai tempat wisata kuliner di Yogyakarta untuk dapat merasakan betapa nikmatnya masakan khas dari daerah ini. Kamu cukup mendatangi House of Raminten yang berlokasi di Jalan FM Noto Kotabaru Yogyakarta.

Berbagai menu tradisional disajikan secara elegan dan berkelas di sini, mulai dari wedang uwuh dan nasi kucing hingga ayam koteka. Kalau kamu susah mendapatkan tempat di restoran ini, kamu bisa mencoba cabangnya yang ada di Jalan Kaliurang. Menunya sama, keunikannya juga sama.

14. Gudeg Wijilan

Wijilan, sentra gudeg paling enak di Yogyakarta | photo by Pariwisata Jogjakota

Ada banyak pusat dan penjual gudeg di Yogyakarta, bahkan di pinggir-pinggir jalan saat pagi pun kamu dengan mudah menemui penjual gudeg membuka lapak dengan lesehan. Namun, bagi para wisatawan, gudeg yang paling cocok untuk dinikmati, dibawa pulang atau dijadikan oleh-oleh ya gudeg dari sentranya langsung, yaitu Wijilan.

Kalau musim liburan, penggal jalan Wilijan yang memang sempit memang jadi makin sempit bahkan macet, hanya karena kendaraan-kendaraan para penikmat nasi gudeg berjajar memenuhi bahu jalan. Warung gudegnya sendiri ada banyak, dengan rasa yang hampir seragam.

Jadi kamu memang bisa memilih yang mana saja, pasti sama enaknya. Jika kamu sempat berkunjung menikmati tempat wisata di Yogyakarta dan mencari oleh-oleh, maka Gudeg Wijilan cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Karena gudegnya kering dan awet hingga tiga hari tanpa harus dipanasi.

15. Jejamuran

Jejamuran, menyajikan menu khusus berbahan jamur | photo via hargamenu.com

Salah satu wisata kuliner paling baru dan langsung populer adalah Jejamuran, sebuah restoran yang berada di Pandowoharjo, yang bisa dicapai dari Monumen Yogya Kembali ke Utara menuju lereng Gunung Merapi. Menu yang disajikan cukup unik, karena semuanya berbahan jamur sesuai dengan nama restorannya.

16. Sate Karang Kotagede

Sate Sapi Lapangan Karang Kotagede Yogyakarta

Ada banyak ragam sate yang bisa kamu nikmati di Yogyakarta, misalnya Sate Pak Kromo, atau sate klathak juga sate koyoran di Pasar Beringharjo. Tapi selain sate-sate tadi, kamu harus coba juga Sate Karang khas Kotagede. Sate Karang ini adalah sate yang terbuat dari daging sapi yang disajikan dengan lontong kuah dengan tempe.

Unik kan? Kamu sudah coba belum? Sate Karang ini sangat populer di kalangan wisatawan kuliner yang sudah berkali-kali berkunjung ke Yogyakarta karena tak ditemukan di daerah lain.

17. Bakpia Pathuk

Bakpia Pathok, camilan khas Jogja | photo by gudangjogja.id

Selain gudeg, makanan lain yang identik dengan Yogyakarta adalah bakpia. Dan, bakpia yang masih belum bisa terpatahkan kesohorannya adalah Bakpia Pathok. Kalau kamu mengunjungi daerah Pathuk yang bisa kamu capai hanya dengan 20 menit berjalan kaki dari Malioboro, kamu akan bisa melihat banyak kios pinggir jalan yang semuanya menjual bakpia.

Beberapa kios bahkan mempersilakan tamunya untuk masuk lebih ke dalam, untuk melihat sendiri proses pembuatan bakpia mereka lho. Jangan lewatkan kesempatan untuk tahu proses pembuatannya yang ternyata cukup gampang ya.

Nah, itu dia 17 tempat wisata di Yogyakarta paling menarik dan popoler di tahun 2023, baik wisata alam, budaya dan sejarah hingga kuliner. Ada yang belum pernah kamu kunjungi atau coba?

Hmm, jangan lewatkan untuk mengagendakannya lagi kalau lain kali kamu ingin kembali berkunjung ke Yogyakarta ya.

Syah Artuna Suka membaca tapi tak pandai menulis. Suka bercerita tapi seorang pendiam. Suka berpetualang tapi seorang introvert. Pemalas tapi tau cara tercepat menyelesaikan pekerjaan.