Hotel Unik di Yogyakarta yang Instagramable

Ini Dia 8 Hotel Unik di Yogyakarta yang Instagramable Banget

Diposting pada

Menginap di hotel yang punya kamar bersih, masakan enak dan pelayanan ramah saja zaman sekarang sudah nggak cukup. Wisatawan sekarang juga lebih senang menginap di hotel yang keren, apalagi kalau bisa dipakai buat background selfie dan bisa diunggah ke Instagram yang mengundang jempol atau ‘Like’. Dan kali ini saya akan merekomendasikan untuk kamu hotel unik di Yogyakarta yang bisa dijadikan rencana jika sedang berkunjung di kota ini.

Tentunya kamu bisa leluasa berselfie dan berfoto di hotel-hotel yang berkonsep unik di Yogyakarta ini karena hotel-hotel tersebut instagramable banget. Hotel-hotel mana sajakah itu?

Mari simak!

1. nDalem Gamelan Hotel

Hotel Unik di Yogyakarta Ndalem Gamelan
Ndalem Gamelan Hotel. Bangunannya sudah berdiri sejak tahun 1900-an | photo via tiket.com

Hotel ini menawarkan suasana tradisional Jogja banget buat kamu. Hanya tersedia 5 kamar saja di hotel ini, sehingga suasana tenang sangat terjaga. Lokasinya berada di dalam area Keraton Yogyakarta, dan tak jauh dari Malioboro.

Bangunan hotel nDalem Gamelan ini berupa rumah berarsitektur klasik Jawa yang dibangun pada tahun 1900, namun sudah mengalami restorasi beberapa kali hingga kini sangat layak ditinggali. Pengelolaannya sendiri lebih ditujukan pada pelestariannya sebagai cagar budaya, hingga tak terlalu dikomersilkan.

Namun menurut beberapa review dari wisatawan yang pernah datang dan menginap di Ndalem Gamelan ini, mereka cukup puas dengan kamar, pelayanan dan juga masakan yang disediakan. Serta satu lagi, puas juga akan suasananya yang sangat tradisional.

Temukan spot-spot buat berselfie di setiap sudut hotel unik di Yogyakarta yang satu ini dimana masih kental banget culture-nya.

2. Tembi Rumah Budaya

Hotel Unik di Yogyakarta Tembi Rumah Budaya
Balai Inap Tembi. Pemandangan yang indah dikombinasi dengan berbagai kegiatan kebudayaan. | photo via alakota.com

Kalau di Tembi Rumah Budaya ini sudah pasti pemandangan pedesaan dan persawahan yang akan menjadi temanmu sehari-hari. Lokasi hotel ini memang berada di salah satu sisi pinggiran Yogyakarta, lebih tepatnya di Jl. Parangtritis km 8.4 Sewon Bantul Yogyakarta.

Tembi Rumah Budaya ini terdiri atas beberapa cottage berbentuk rumah tradisional Jawa Limasan, yaitu cottage-cottage yang dinamai Wuryantoro, Ngadirodjo, Polaman, Morangan, Kriyan Kidul, Kriyan Lor, Ganjuran, Badegan, dan Adikarto.

Semuanya merupakan rumah-rumah kayu yang diperlengkapi oleh furniture meja, kursi, lemari, cermin, dan barang-barang lain yang sangat kental budaya Jawa.

Tak hanya pemandangan alam yang bisa banget menghiasi akun Instagram kamu di hotel ini, tapi juga berbagai kegiatan budayanya. Cobalah untuk ikutan latihan membatik, latihan karawitan (menabuh gamelan), ataupun menari. Pasti bakalan keren banget deh. Atau mau berenang? Tembi Rumah Budaya juga menyediakan fasilitas kolam renang yang lengkap lho. Keren kan?

3. Rumah Paris Bed & Breakfast

Hotel Unik di Yogyakarta Rumah Paris Bed & Breakfast
Rumah Paris Bed & Breakfast. Hotel bernuansa vintage khas Prancis. | photo via jogjakartour.com

Hotel unik di Yogyakarta selanjutnya ini berada di seberang Rumah Budaya Tembi, berdiri sebuah rumah mungil bercat biru laut yang unik. Sekilas rumah ini seperti rumah tinggal biasa, bahkan seperti rumah barbie saking unyunya. Tapi enggak lho, ternyata rumah ini juga merupakan hotel.

Penginapan ini juga unik banget. Begitu kamu masuk ke dalamnya, kamu akan segera merasakan aura vintage dan shabby chic ala Prancis. Meski terbilang baru, tapi Rumah Paris sudah sangat terkenal lho di kalangan wisatawan. Bahkan sudah sering sekali wira wiri di timeline Instagram saking cantiknya.

Orang yang datang ke sini nggak cuma untuk menginap, tapi juga untuk sesi prewedding shoot, private party hingga pesta ulang tahun anak-anak. Kamu boleh menyewa satu kamar saja atau bisa juga menyewa seluruh rumah, jadi tentunya bakalan asyik banget menginap di sini bareng teman-teman atau keluarga kamu.

4. Greenhost Boutique Hotel

Greenhost Boutique Hotel. Hotel berkonsep hijau yang ramah lingkungan.

Nah, hotel yang satu ini juga termasuk baru nih di Jogja. Mengusung konsep ‘green’, hotel yang berlokasi di Jalan Prawirotaman II ini sangat unik karena mengusung konsep arsitektur hijau. Sepertinya konsep ini satu-satunya ya di Indonesia yang diangkat oleh sebuah hotel.

Begitu masuk lobby, kamu akan langsung bisa merasakan betapa ‘hijau’nya hotel ini. Pemandangan kebun sayur dan seladanya mendominasi setiap jengkal mata memandang. Tak usah heran kalau melihat begitu banyaknya pipa-pipa air berseliweran di seluruh area hotel, karena semua tanaman dalam hotel ini ditanam dengan sistem hidroponik tanpa tanah.

Kalau ke sini, jangan lupa untuk ke rooftop-nya juga ya, karena di sanalah letak rumah kaca lokasi utama menanam selada dengan cara konvensional modern dengan pipa paralon.

5. Pawon Cokelat Guest House

Pawon Cokelat Guest House. Hotel unik di pusat kota.

Dari namanya saja sudah unik ya. Pertama kali yang terpikirkan dari nama tersebut kalau nggak nama kafe, ya nama bakery. Iya nggak sih? Tapi ternyata Pawon Cokelat adalah sebuah guest house.

Awalnya sih memang Pawon Cokelat menyediakan dan menjual kue-kue cokelat, namun lama kelamaan berubah menjadi guest house yang menawarkan pengalaman baru bagi para wisatawan.

Penginapan yang sangat unik ini terletak di Jalan Sosrowijayan, dekat banget ke Jalan Malioboro. Di dalamnya ada banyak hal yang bisa kamu nikmati dan bisa banget menghiasi akun Instagram kamu, misalnya kayak taman vertikalnya, dindingnya yang bergambar peta Jogja, balkon terbukanya yang cantik dengan roof mini garden-nya.

Lobby dan lounge-nya juga punya banyak sudut menarik buat dijadiin background selfie. Tinggal pilih aja deh.

6. Lokal Hotel

Lokal Hotel. Setiap detail interiornya unik dan menarik.

Hotel ini juga termasuk hotel unik yang baru beroperasi di Yogyakarta, lokasinya di Jalan Jembatan Merah Yogyakarta. Tapi jangan salah, seperti juga Rumah Paris, Hotel Lokal ini sudah terkenal banget dan sering wira wiri di Instagram, terutama restorannya karena punya mural di dinding yang keren abis.

Nggak cuma di public spaces aja kamu bisa berfoto-foto ria, bahkan sampai ke kamar tidur pun kamu bisa puas banget foto sana sini. Karena memang hotel ini didesain dengan begitu detail dan unik hingga ke sudut-sudut terkecil kamar tidurnya. Kamarnya ada yang terdiri dari dua lantai, ruang tidur di atas, ruang duduk di bawah. Keren banget kan?

7. Pondok Kampoeng Djawa Guest House

Kampoeng Djawa. Hotel yang sangat kental gaya Jawa-nya. | photo via tiket

Lagi-lagi pengin menikmati hotel yang bersuasana tradisional Jawa yang kental? Ada lagi nih, namanya Kampoeng Djawa, yang alamatnya berada di Jalan Prawirotaman I.

Sesuai dengan namanya, bangunan Kampoeng Djawa didesain dengan taste Jawa klasik. Begitu masuk kamu akan disambut dengan suasana cozy, tenang, dan penuh tekstur khas Jawa. Nggak usah heran, kalau wisatawan yang menginap di sini sebagian besar adalah turis mancanegara.

Kalau kamu bosan naik taxi, becak ataupun jalan-jalan, guest house ini juga menyediakan sepeda untuk disewa lho.

8. Adhisthana Hotel

Adhisthana Hotel. Desain exteriornya luar biasa! | photo via agoda

Begitu sampai di lokasi Adhisthana Hotel yang ada di Jl. Prawirotaman II, kamu akan langsung disuguhi dengan pemandangan luar biasa yang berasal dari desain exterior hotel itu sendiri.

Yap, dinding depan hotel ini ditempelin dengan daun jendela yang buanyak banget. Style daun jendelanya juga beragam, dari yang krepyak, ala-ala vintage, sampai yang minimalis dengan kaca es. Keren beud!

Kemudian saat kamu masuk, kamu pasti juga akan langsung terpana oleh suasana dan desain interiornya yang memadukan antara arsitektur klasik Jawa dan modern minimalis. Daun-daun jendela juga nggak cuma menghiasi exterior hotel saja, tapi juga dimasukkan sampai ke interiornya. Keren banget!

Jangan lupa juga buat nongkrong di kafenya, Lawas. Karena di sini juga banyak spot Instragramable buat dipamerin ke teman-teman kamu.

Nah, hotel unik di Yogyakarta tersebut bagus-bagus semua bukan? Nggak cuma bisa jadi tempat nginep, tapi juga cocok banget dijadiin arena foto-foto selfie, OOTD, ataupun sekadar pamer sudut-sudut kerennya saja dan membaginya dengan teman-teman kamu di Instagram.

Selamat bersenang-senang!

Gambar Gravatar
Suka membaca tapi tak pandai menulis. Suka bercerita tapi seorang pendiam. Suka berpetualang tapi seorang introvert. Pemalas tapi tau cara tercepat menyelesaikan pekerjaan.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *