Wisata Pantai Drini

Wisata Pantai Drini, Liburan di Gunung Kidul Aman Untuk Keluarga

Diposting pada

Anak-anak selalu menyukai tempat-tempat yang tergenang dengan air untuk bermain-main. Mereka akan mudah menikmati semua tempat yang ada airnya, sungai, danau, kolam, bahkan empang dan air hujan, bagi mereka itu adalah tempat bermain paling asik. Selain kita bisa mengajak mereka ke Waterboom, pantai juga bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Terlebih, jika kita bisa menemukan pantai dengan ombak yang tenang serta bibir pantai yang landai lengkap dengan pasir putihnya yang bersih. Tidak perlu menunggu liburan panjang untuk menikmati pantai dan keindahannya. Bagi kamu yang memiliki keluarga atau anak-anak dan ingin berlibur ke pantai yang indah dan seru serta aman, kamu bisa mempertimbangkan wisata Pantai Drini yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai selatan Yogyakarta terkenal memiliki ombak yang cukup besar dan tidak sedikit yang berbahaya karena pantai-pantai tersebut langsung terhubung dengan samudra. Walau demikian, berkunjung ke Pantai Drini akan memberikan kamu pengalaman yang berbeda karena disini pantainya cukup aman.

Pantai ini aman dan tidak memiliki ombak yang besar karena ada sebuah pulau kecil yang melindungi pantai sehingga ombak tidak langsung menuju pantai, melainkan pecah dan terhalang oleh pulau tersebut. Pulau kecil tersebut diberi nama Pulau Drini.

Jadi, jika kamu berada di Yogyakarta atau sekitarnya dan ingin pergi ke pantai bersama anak-anak atau keluarga, maka Pantai Drini bisa menjadi pilihan tepat.

Keindahan Pantai Drini di Gunungkidul

Selain cocok sebagai tempat berenang dan bermain air, Pantai Drini juga terkenal bersih. Pantai ini cukup terawat, memiliki akomodasi dan fasilitas cukup lengkap di samping aksesnya yang mudah.

Pasir di Pantai Drini berwarna kuning keemasan dengan campuran batu-batu kecil dan ada banyak terdapat cangkang kerang yang sudah mati di pantai ini.

Pantai ini memiliki air yang berwarna biru jernih sehingga cocok dimanfaatkan untuk bermain oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Bibir pantai tidak terlalu lebar dan tidak terlalu luas. Di sekeliling pantai berdiri kokoh bukit-bukit karang yang dipenuhi semak belukar serta pepohonan sehingga tampak mengagumkan.

Fasilitas dan Akomodasi Wisata Pantai Drini

Saat ini pantai-pantai di bagian selatan Yogyakarta cukup ramai dikunjungi setiap hari, terutama pada akhir pekan. Itulah sebabnya mengapa Pemprov setempat mencoba memberikan yang terbaik bagi wisatawan dengan memperbaiki dan memberikan jalur akses serta fasilitas yang memadai di pusat-pusat wisata.

Tidak terkecuali dengan Pantai Drini, pantai yang sudah cukup terkenal dan dikatakan sebagai salah satu tujuan wisata eksotis ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap serta terawat. Sebut saja Musholla sebagai tempat ibadah umat muslim sudah. Selain itu, toilet atau tempat mandi umum juga telah tersedia walaupun jumlahnya tampaknya perlu ditingkatkan.

Selain itu, di pantai ini juga banyak dibangun gazebo yang bisa kita manfaatkan untuk beristirahat dan berteduh. Gazebo-gazebo tersebut dibangun menggunakan atap dari alang-alang yang terasa tetap sejuk bahkan pada saat siang hari.

Tempat parkir di pantai ini juga boleh dikatakan cukup luas serta bertarif sesuai dengan peraturan daerah.

Bagi kamu yang tidak membawa bekal dari rumah, jangan khawatir, karena di sini juga ada banyak warung yang menjajakan makanan ringan maupun minuman ringan serta warung makan yang menjajakan berbagai menu masakan khas daerah Jogja dengan menu utama seafood.

Sedangkan untuk tempat menginap, tampaknya Pantai Drini memang belum menyediakan hotel maupun villa yang bisa dimanfaatkan untuk berlama-lama di sekitar pantai. Namun tenang saja, kita bisa berkemah di tempat ini, tentunya kita sudah mempersiapkan peralatan sendiri. Kamu juga bisa coba Hotel unik dan instagramable jika sedang di Yogyakarta.

Tak jauh dari Pantai Drini juga terdapat:

  • Hutama Resto Pantai Drini (200 meter)
  • Pondok Sundak Kuliner (1,7 Km)
  • Pantai Watu Kodok (2,1 km)
  • Pantai Sanglen (1,9 km)
  • Pantai Ngrumput (800 meter)
  • Puncak Kosakora, tak begitu jauh dari pantai ini tetapi memerlukan tenaga ekstra untuk mencapainya. Merupakan salah satu spot selfie terbaik disekitar kawasan Drini. (Akan kami bahas di postingan lain)

Bermain-main di Wisata Pantai Drini

Menikmati keindahan pantai tidak hanya bisa dilakukan dengan berjalan-jalan dan mandi di pantai, namun kamu juga bisa melakukan hal yang lainnya seperti bermain perahu (kano).

Disini ada banyak penyewaan kano. Bermain kano sangat menyenangkan, terlebih jika dilakukan di pantai yang tidak memiliki ombak berbahaya sama sekali. Dengan kano tersebut kita bisa sedikit bermain ke tengah laut kemudian naik ke salah satu pulau (Pulau Drini) yang ada di tempat tersebut.

Bermain kano akan memberikan kamu pengalaman berbeda terlebih jika kamu belum pernah sama sekali naik perahu atau kapal. Cobalah, rasanya sangat menyenangkan.

Peta Lokasi dan Rute Jalan Menuju Pantai Drini

Lokasi: Pantai Drini berlokasi di desa banjarrejo, Gunung Kidul Yogyakarta. Tempat ini tidak terlalu jauh dari pemukiman warga sehingga terasa cukup ramai dan menyenangkan.

Untuk mengakses pantai, apabila kita datang dari Yogyakarta daerah waktu tempuh yang kita butuhkan kurang lebih 3 jam.

Jalur akses menuju pantai sudah cukup baik memiliki jalan yang di aspal dan mulus. Begitu juga dari jalan utama yaitu Jalan Pantai Selatan Jawa menuju Pantai Drini melewati Jalan Drini Tim, jalannya cukup baik walaupun tidak semulus jalan utama.

Bagi kamu yang belum pernah sama sekali datang ke pantai di bagian selatan Yogyakarta, kamu hanya perlu keluar melalui jalan yang mengarah ke Pantai Parangtritis kemudian melanjutkan perjalanan ke Imogiri, dan lanjutkan menyusuri Jalan Pantai Selatan Jawa. Ikuti saja kemana jalan tersebut membawamu sambil tetap memperhatikan petunjuk arah.

Sesampainya kamu di daerah Tanjungsari, kamu akan mulai menemukan pantai. Pantai pertama yang akan kamu jumpai adalah Pantai Baron kemudian Pantai Kukup. Setelah itu kamu akan menemukan Pantai Sepanjang lalu Pantai Watu Kodok sebelum akhirnya sampai di Pantai Drini.

Pantai-pantai yang telah disebutkan tersebut jaraknya tidak terlalu jauh. Dari Pantai Kukup menuju Pantai Drini, jaraknya hanya 5 kilometer saja. Dalam radius 5 KM tersebut kamu tentu saja bisa mengunjungi pantai-pantai yang ada. Terlebih, jika kamu berangkat pagi-pagi dari rumah.

Namun yang paling dekat dari Pantai Drini adalah Pantai Watu Kodok yang hanya dipisahkan oleh satu bukit batu karang. Namun tentu saja kita tidak bisa langsung ke pantai tersebut hanya dengan menaiki bukit batu karang tersebut. Kita perlu mengambil jalan utama memutar yang tentu saja tidak terlalu jauh.

Wisata Pantai Drini Dalam Foto

Gazebo yang berjejer disekitar pantai
Wisata Pantai Drini
Cantiknya Pantai dan Pulau Drini
Bermain voli pantai, karena berenang sudah terlalu mainstream
Wisata Pantai Drini
Menikmati pantai sendirian
Kelakuan orang tak bertanggung jawab, jangan ditiru ya! Jadilah wisatawan yang baik dan mencintai lingkungan. Tanpa bantuan kamu, alam hanya bisa pasrah.
Wisata Pantai Drini
Ramainya Pantai Drini diserbu wisatawan lokal
Wisata Pantai Drini
Pantai Drini Masih sangat bersih, kita harus menjaganya bersama-sama.

Tips Berwisata ke Pantai Drini

Walaupun pantai Drini terkenal paling aman untuk wisata keluarga maupun anak-anak. Namun kamu juga tetap harus berhati-hati dan jangan lupa untuk selalu mengawasi anak-anak terlebih jika mereka bermain-main dengan kano. Selain itu, tentu saja pantai ini juga memiliki tempat-tempat dengan gelombang besar terutama yang tidak terhalang oleh pulau.

Mengunjungi Pulau Drini yaitu sebuah pulau kecil yang ada di seberang tetap bisa dilakukan terutama apabila air sedang surut. Namun pada saat air pasang, kemungkinan besar kamu tidak akan bisa menjangkau pulau tersebut hanya dengan jalan kaki melewati pasir pantai.

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan tabir surya untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan agar terhindar dari bahaya sinar matahari. Begitu juga dengan anak-anak, kamu bisa melindungi mereka dengan tabir surya sehingga mereka tetap aman bermain seharian di bawah terik sinar matahari pantai. Bisa coba baca lebih lanjut tips berwisata bersama anak agar tidak ribet.

Gambar Gravatar
Suka membaca tapi tak pandai menulis. Suka bercerita tapi seorang pendiam. Suka berpetualang tapi seorang introvert. Pemalas tapi tau cara tercepat menyelesaikan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *