Tips Berwisata Bersama Anak Kecil

10 Tips Berwisata Bersama Anak Kecil Agar Tak Ribet

Diposting pada

Berwisata bersama anak kecil sudah pasti ribet dan tidak pernah mudah. Namun bukan berarti kita harus terjebak dengan hal tersebut sehingga liburan jadi berantakan. Tips sederhana berwisata bersama anak kecil berikut ini akan membantu kamu membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan simpel.

1. Menentukan Tempat Berwisata yang Aman

Saat berwisata bersama anak kecil, tempat-tempat wisata tertentu terkadang tidak cocok untuk mereka, sehingga sebagai orang tua kita harus pandai-pandai memilih destinasi wisata yang bisa menyenangkan kita mau pun mereka.

Untuk anak-anak, selain pergi ke waterboom, mereka juga sangat menyukai pantai. Hampir semua anak kecil menyukai pantai, dimana mereka bisa bermain secara bebas dan mandi.

Jadi pastikan juga memilih pantai-pantai yang landai serta memiliki ombak yang tidak terlalu besar serta menyediakan banyak permaianan seperti banana boat, dll.

Selain ke pantai, berwisata ke museum juga bisa menjadi pilihan. Hanya saja, terkadang berwisata bersama anak ke museum sedikit membosankan bagi orang tua. Agar kamu dan anak bisa tetap enjoy, pastikan untuk memilih museum-museum yang menarik atau yang sesuai dengan hobi.

Bagi kamu yang di kota Kembang, ada banyak museum dan destinasi wisata menarik yang cocok untuk anak serta orang tua. Mulai dari Saung Angklung Udjo untuk mengajarkan anak tentang budaya Sunda, wisata keluarga di Trans Studio Bandung dan lain sebagainya.

2. Sesuaikan Dengan Cuaca

Ini adalah hal sepele namun sangat penting yang sering terlewatkan oleh orang tua. Berwisata bersama anak kecil ke tempat terbuka akan rentan bagi si anak.

Terutama karena ketahan tubuh mereka belum begitu kuat. Pastikan agar selalu menyesuaikan dengan kondisi cuaca pada saat itu. Jika kondisi cuaca terlalu terik atau seperti akan tejadi hujan, ada baiknya menunda saja rencana berlibur bersama anak ke lain waktu.

3. Memilih Hotel Tempat Menginap

Sebelum berangkat, pastikan memilih hotel yang tepat. Terutama hotel yang menyediakan family room serta fasilitas seperti playground. Karena, hotel seperti ini sudah pasti cocok untuk kamu dan anak-anak.

Jadi jangan lupa untuk memastikan bahwa hotel tersebut menyediakan extrabed untuk anak-anak.

4. Memilih Barang Bawaan

Memilih Barang Bawaan

Jika kamu berwisata bersama anak balita, sudah pasti keribetannya bisa dibayangkan. Namun beberapa hal berikut ini patut dipertimbangkan.

  • Popok, jumlahnya bisa disesuaikan dengan lama waktu berlibur. Jika anak biasa menghabiskan tiga pokok per hari maka bisa membawa 12-15 popok untuk tiga hari.
  • Minyak telon atau minyak kayu putih
  • Tisu basah dan tissue kering
  • Pakaian/peralatanrenang yang sesuai dengan tujuan wisata.
  • Peralatan P3K terutama obat antiseptic dan hansaplast
  • Obat-obatan, jika anak memiliki alergi atau asma. Ini tidak boleh dilupakan karena di tempat tujuan wisata belum tentu bisa menemukan apotik atau toko obat dengan mudah yang menjual obat-obatan seperti yang dibutuhkan.
  • Topi juga biasanya dibutuhkan baik saat berlibur ke tempat-tempat yang panas seperti pantai atau berlibur ke tempat-tempat yang memiliki cuaca dingin.
  • Botol susu & susu
  • Pastikan memilih mainan yang simpel dan tidak terlalu banyak atau mainan yang ringan untuk anak kamu.
  • Selain itu, pakaian anak baiknya dipilih yang simpel dan tidak ribet. Pakaian yang mudah digunakan dan mudah dicopot semodel kaos adalah yang paling tepat. Begitu juga dengan anak perempuan pilihlah pakaian-pakaian yang sederhana namun tetap terlihat menarik dan cantik.

5. Kereta Bayi

Bagi yang memiliki anak di bawah usia 2 tahun, sudah pasti akan membutuhkan kereta bayi untuk bepergian. Pilihlah kereta bayi yang bisa dilipat sehingga tidak akan memakan tempat.

Selain itu, memilih gendongan dengan model seperti tas ransel akan sangat membantu mengurangi beban dan tidak mengurangi mobilitas.

6. Kurangi Barang Bawaan Agar Tak Ribet

Kurangi Barang Bawaan Agar Tak Ribet

Ketika melakukan traveling bersama anak-anak, orang tua harus lebih banyak mengalah. Karena banyaknya barang anak-anak sehingga kamu yang dewasa harus mengurangi jumlah bawaan.

Pilihlah pakaian-pakaian yang tidak mudah kotor, kemudian pilihlah pakaian-pakaian yang mudah kering sehingga bisa melaundrinya dalam waktu singkat.

7. Nomor Telepon Dokter Wajib Ada Di Handphone

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di perjalanan atau pada saat berwisata. Jadi pastikan untuk selalu menyiapkan nomor telepon dokter yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika membutuhkan bantuan. Dengan begitu, berwisata bersama anak-anak bisa lebih menyenangkan dan lebih aman.

8. Mengajak Babysitter Agar Ikut Berwisata Bersama Anak Kecil

Jika kamu memiliki cukup dana untuk berlibur dengan menambahkan babysitter dalam daftar tiket, maka babysitter sudah pasti akan sangat membantu, terlebih jika berlibur bersama balita atau anak yang usianya masih dibawah 2 tahun.

9. Berikan Kebebasan Anak Kecil Saat Berwisata

Berikan Kebebasan Anak Kecil Saat Berwisata

Ini adalah yang terpenting, mungkin karena kita telalu parno, terkadang kita tak sadar sudah terlalu membatasi pergerakan anak kita, termasuk saat berlibur.

Hal ini sah-sah saja, namun ada baiknya kamu memberikan sedikit kebebasan untuk menikmati petualangan mereka. Ini juga akan membantu proses perkembangan mereka. Tapi tentu saja dengan tetap memantau mereka agar tetap aman. Itu sudah menjadi tugas penting buat orang tua si kecil.

10. Lokasi Hotel Saat Berwisata Bersama Anak Kecil

Tips terakhir berwisata bersama anak kecil adalah menentukan tempat menginap. Daripada mencari hotel murah namun jauh dari tempat wisata, lebih dianjurkan untuk mencari hotel yang berlokasi di tempat strategis serta tidak jauh dari obyek wisata yang dituju.

Yang menjadi pertimbangan adalah, fisik antara orang dewasa dengan anak-anak sangat jauh berbeda sehingga faktor kelelahan harus dipertimbangkan. Anak-anak tidak boleh bepergian jauh atau naik mobil dalam waktu yang lama.

Gambar Gravatar
Suka membaca tapi tak pandai menulis. Suka bercerita tapi seorang pendiam. Suka berpetualang tapi seorang introvert. Pemalas tapi tau cara tercepat menyelesaikan pekerjaan.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *