Wisata Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo, Simak Tips dan Referensinya Dari Saya

Diposting pada

Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata yang ada di Jawa Timur, diapit oleh empat kabupaten yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang.

Karena lokasinya yang diapit empat kabupaten, Anda dapat memilih jalur trasnportasi yang memudahkan Anda untuk menuju ke Gunung Bromo, yang pastinya dapat melalui jalur dari Malang, Probolinggo, Pasuruan dan juga Lumajang.

Wisata ini bukanlah sembarang objek wisata, melainkan objek wisata yang memukau setiap pasang mata yang datang mengunjunginya. Banyak yang mengatakan bahwa Bromo adalah surga dunia yang ada di Jawa Timur. Pernyataan tersebut memang tepat diberikan pada objek wisata yang satu ini.

Pemandangan Indah Gunung Bromo
Gunung Bromo – Photo By Liputan6

Gunung bromo mempunyai potensi wisata yang menakjubkan dan daya tarik wisata yang sangat besar. Banyak kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan disini, didampingi dengan pemandangan yang memesona tentu membuat kesempurnaan pengalaman yang tak dapat terlupakan.

Kegiatan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengunjungi “view point”. Anda dapat melihat pemandangan sekitar Gunung dari ketinggian. Menariknya lagi, Anda bersama orang tersayang dapat menikmati keindahan matahari terbit di view point ini.

Kedua, dengan mengunjungi “kawah Gunung Bromo”. Untuk mencapai kawah ini, Anda harus menaiki 250 anak tangga namun semua rasa lelah terbayar lunas dengan pemandangan di puncak kawah. Ketiga, berpindah pada kegiatan menarik yang dapat dilakukan di “padang savana” atau biasa disebut juga bukit teletubbies.

Hamparan rumput yang begitu luas dengan udaranya yang menyejukkan membuat liburan Anda benar-benar terasa sempurna. Belum puas dengan kegiatan yang telah dilakukan, tak lengkap rasanya jika mengunjungi Gunung Bromo tanpa mengabadikan moment dengan pasir yang berbisik.

Pasir berbisik dapat kita ketahui dengan mengunjungi “lautan pasir” yang ada di kawasan Taman Nasional ini. Di sini, Anda dapat melihat hamparan pasir yang luas dengan lekukannya yang begitu elok. Dekatkan telinga Anda dengan pasir ini, rasakan dan coba dengarkan, suara bisikan lautan pasir ini.

Transportasi

Dengan kawasan objek wisata yang sangat luas, mengharuskan wisatawan menggunakan transportasi untuk mengunjungi setiap keindahan yang tersimpan di Taman Nasional ini. Di sini, Anda dapat menyewa jeep untuk mengantar ke tempat-tempat yang telah dijelaskan di atas.

Jika Anda menginginkan rute normal yakni menjemput di penginapan, penanjakan dan mengantarkan lagi ke penginapan, harga sewa kisaran Rp350.000/jeepnya.

Namun jika ingin mengunjung padang savana atau lautan pasir, Anda harus menambah bayaran lagi kisaran harga Rp150.000/jeepnya. Harga tersebut dapat ditawar dengan kapisitas jeep 5 sampai 6 orang.

Lautan Pasir di Bromo
Lautan Pasir di Bromo – Photo By Kompasiana

Akomodasi di Gunung Bromo

Banyak penginapan yang dapat Anda gunakan untuk bermalam dan melepas rasa lelah. Penginapan ini tersedia di dekat kawasan Gunung Bromo. Mulai dari penginapan yang letaknya strategis sampai lokasi yang lumayan jauh. Harga yang ditawarkan pun sangat beragam.

Ada penginapan yang bersifat hemat dan relatif murah, kisaran harga Rp150.000/malamnya. Ada juga penginapan yang menyajikan panorama pemandangan Gunung Bromo yang indah dnegan fasilitasnya yang lengkap namun harga yang relatif lebih mahal, kisaran harga Rp600.000/malamnya.

Anda dapat memesan penginapan ini jauh-jauh hari sebelum mengunjungi Gunung Bromo, hindari pemesanan mendadak karena akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan.

Tips mengunjungi Gunung Bromo

Terdapat beberapa tips dan referensi jika mengunjungi wisata ke Gunung Bromo yang dapat dilakukan oleh anda semua. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Memilih waktu yang tepat

Penting bagi wisatawan untuk menentukan waktu berkunjung ke Gunung Bromo. Pemilihan waktu memengaruhi kegiatan yang dapat dilakukan di Gunung Bromo. Misalnya berkunjung pada musim kemarau, Anda tidak dapat melihat dengan sempurna keindahan padang savana karena rumput-rumput yang mongering.

Sebaliknya, jika berkunjung di musim hujan, Anda dapat menikmati keindahan padang savana namun tidak akan merasakan sensasi menikmati sunrise di puncak Gunung. Jadi harus benar-benar mempertimbankan dan memilih waktu yang tepat.

2. Menjaga kondisi fisik

Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi fisik yang prima sangat dibutuhkan ketika mengunjungi Gunung Bromo. Menikmati surga dunia yang berada di tanah Gunung Bromo tidaklah mudah, butuh kekuatan kaki untuk berjalan dan kondisi tubuh yang mendukung. Ditambah dengan suhu cuaca yang sangat dingin. Jadi harus benar-benar menjaga kesehatan fiisk.

3. Mempersiapkan pelengkapan pribadi

Hal ini penting bagi semua yang hendak mengunjungi Gunung Bromo. Kamu perlu menyiapkan segala perlengkapan pribadi masing-masing. Diantaranya pasti membutuhkan jaket, kaos kaki, sarung tangan untuk melindungi tubuh dari kedinginan.

Kamu juga membutuhkan masker sebagai pelindung dari bau belerang yang menyengat. Selain itu, sangat penting untuk menyiapkan makanan dan minuman selama berada di kawasan Gunung Bromo.

Terakhir, tak lupa, Anda juga harus membawa kamera untuk mengabadikan moment indah. Banyak sekali keindahan alam yang begitu memesona dan sayang untuk dilewatkan.

4. Mempersiapkan akomodasi secara matang

Hal ini berkaitan dengan yang telah dibahas di atas, Anda sangat perlu menyiapkan akomodasi secara matang. Maksudnya di sini adalah Anda sudah mem-booking penginapan yang akan ditempati selama berada di Gunung Bromo.

Gunung Bromo adalah salah satu bukti nyata keagungan Tuhan yang diberikan kepada kita semua. Keindahan alam yang begitu memesona dan wajib kita syukuri keberadaannya. Anda dapat merencanakan liburan Anda bersama orang tersayang dengan mengunjungi objek wisata ini.

Tidak ada kata menyesal setelah berkunjung ke Gunung Bromo, yang ada hanyalah rasa takjub yang luar biasa dan keengganan mengedipkan mata barang sedetik pun. Anda dapat menikmati surga dunia itu di setiap kawasan yang ada di Gunung Bromo.

Gambar Gravatar
Suka membaca tapi tak pandai menulis. Suka bercerita tapi seorang pendiam. Suka berpetualang tapi seorang introvert. Pemalas tapi tau cara tercepat menyelesaikan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *