Tempat Wisata di Kulon Progo

15 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib Kamu Kunjungi

Diposting pada

Waktu liburan panjang memang sungguh indah jika dilewatkan untuk berjalan-jalan bersama teman atau keluarga. Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata favorit wisatawan lokal maupun asing. Yogyakarta senantiasa identik dengan Malioboro, Keraton dan gudegnya. Wah mungkin kita sudah terjebak dengan pola pikir pengunjung kebanyakan. Yogja ya kraton. Ya Taman Sari. Ya pasar Malioboronya. Padahal ada salah satu kabupaten di Jogja lainnya yang terdapat banyak sekali tempat wisata, yaitu Kulon Progo.

Hati-hati jangan terjebak, kita bisa lho memilih Yogyakarta lagi dan lagi sebagai tempat wisata untuk menghabiskan waktu liburan tanpa mendatangi tempat yang sama lagi. Tempat-tempat yang umum didatangi wisatawan dan jangan tanya seperti apa padatnya saat sedang musim liburan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kulon Progo – Jogja

Lain kali ke Yogja, nggak ada salahnya kok kita nyobain pergi ke tempat wisata di daerah Kulon Progo.

Kulon Progo adalah salah satu kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Kulon Progo terdiri dari dua belas kecamatan.

Kulon Progo memiliki ketinggian yang bervariasi daratan rendah dan daratan tingginya sehingga tentulah unik objek-objek wisata yang berada di Kulon Progo. Nah mari kita bersiap untuk mengunjungi banyak tempat menarik. Apa saja itu? Siapkan draft catatan dan checklistnya dulu dong.

Jika sudah? Berikut ini wisata di Kulon Progo yang bakal bikin kita menyesal kalau nggak menyempatkan diri untuk mampir.

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Tempat Wisata Kulon Progo Air Terjun Grojogan Sewu

Mungkin kita agak familiar dengan nama air terjun di Kulon Progo yang satu ini, memang air terjun dengan nama yang sama digunakan di beberapa daerah, contohnya saja di Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu kebanggaan Kulon Progo berlokasi di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo.

Untuk menuju lokasi kita dapat berkendara selama kira-kira satu jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau 30 kilometer jaraknya dari pusat kota Yogyakarta.

Kita bisa menaiki kendaraan yang kita bawa hingga sampai di perbukitan Menoreh, dari sini kita harus menitipkan kendaraan kita ke area parkir milik warga dengan tariff 2,000 rupiah per motor dan berjalan kaki hingga kira-kira 15 menit.

Sesampainya di lokasi, niscaya lelah kita akan menghilang melihat jernihnya air terjun cantik ini. Tidak ada biaya tiket masuk yang harus dibayarkan jika kita mengunjungi tempat ini.

2. Wana Wisata Kalibiru

Tempat Wisata Kulon Progo Wisata Kalibiru

Wana Wisata KalibIru merupakan hutan buatan yang berada di daerah perbukitan Menoreh Desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap. Hutan ini dibuat untuk tujuan pendidikan, konservasi juga wisata.

Jika kita ingin melihat tempat wisata ini, lokasinya relatif sulit ditempuh dengan medan jalan yang naik dan turun. Namun memang pemandangannya indah, dari sini kita bisa mendapatkan udara yang nyaman dan sejuk serta melihat sebagian kota Yogyakarta dari ketinggian di wana wisata.

Biaya tiket masuk ke Wana Wisata hanya sebesar 3,000 rupiah saja. Wana Wisata Kalibiru juga menyediakan fasilitas outbound dengan harga yang tidak mahal yaitu mulai 10,000 rupiah. Ada fasilitas penginapan juga disini untuk kita yang masih kerasan berlama-lama.

3. Embung Banjaroya

Tempat Wisata Kulon Progo Embung Banjaroya

Embung Banjaroya ini merupakan waduk yang dapat menampung air hingga 10 ribu meter kubik yang tujuan dibuatnya juga untuk menjaga kekuatan tanah agar tidak longsor, terletak di Desa Baronjaya Kecamatan Kalibawang dan menjadi kebanggaan masyarakat sekitar.

4. Waduk Sermo

Tempat Wisata Kulon Progo Waduk Sermo

 

Waduk Sermo adalah waduk yang istimewa karena keindahan pemandangan di sekitarnya, saat berkeliling kita bisa menyaksikan keindahan dua bukit yang mengapit waduk.

Konstruksi bangunan waduk ini pun indah dan mengesankan, sehingga sayang untuk dilewatkan. Harga tiket masuk ke tempat wisata di Kulon Progo ini juga relatif terjangkau, hanya 2,000 rupiah saja.

5. Pantai Trisik

Tempat Wisata Kulon Progo Pantai Trisik

 

Pantai ini terletak di daerah Brosot, dari pusat kota Yogyakarta kita harus menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 37 kilometer untuk sampai di pantai ini. Berbeda dengan tempat wisata di Kulon Progo lainnya, yang ini medannya tidak begitu sulit, Pantai Trisik sangat mudah diakses oleh pengunjung karena letaknya yang dekat dengan jalan raya.

Dalam momen tertentu kita dapat menyaksikan beraneka burung terbang di atas pantai ini, seperti trinil rawa, trinil pantai dan sebagainya. Konon pantai ini memang adalah pantai singgah untuk burung migrant dari berbagai tempat.

6. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo

 

Goa Kiskendo berada di Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo. Keunikan goa ini karena sejarah dan misterinya. Di dinding goa tergambar relief wayang yang bercerita mengenai pertempuran Mahesosuro dan lembusuro serta Sugriwa dan Subali.

Di dalam goa, kita juga akan menemui tempat-tempat yang disakralkan dan digunakan untuk tempat ritual, antara lain adalah : Pertapaan Kusuma, Pertapaan Ledhek serta Pertapaan Santri Tani.

7. Puncak Suroloyo

 

Puncak Suroloyo adalah sebutan penduduk sekitar untuk tanah dengan posisi paling tinggi di deret perbukitan Menoreh. Dari sini kita bisa memandangi wilayah Yogya dan Magelang beserta candi Borobudur juga 5 gunung di Jawa Tengah.

Jika kita ingin berkunjung, dari kota Yogyakarta kita akan menuju perempatan ring road  barat demak ijo kemudian berlanjut ke Jl godean, jembatan sungai progo, lampu merah kenteng, ikuti jalan ke lampu merah Tugu Dekso, ikuti jalan ke arah kecamatan Samigaluh dan selanjutnya ikuti petunjuk jalan.

8. Pantai Glagah

Pantai Glagah

 

Pantai Glagah merupakan pantai paling populer di kabupaten Kulon Progo, pantai ini berada di Desa Glagah. Untuk menuju pantai dari Yogyakarta kota kita harus melewati jalan raya wates, jalur utama arah purworejo kemudian sampai ke Desa Glagah dan setelahnya kita bisa mengikuti petunjuk arah menuju pantai.

Letaknya yang dekat dengan Samudera Indonesia membuat dipasangnya pemecah ombak berbentuk tetrapod yang diletakkan di sisi kanan dan kiri dermaga pantai Glagah ini. Tidak direkomendasikan berenang di pantai ini karena ombaknya yang besar, namun menarik sekali menyaksikan atraksi ombak disini.

9. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

 

Air terjun ini masih terbilang perawan dengan keeksotisannya yang masih alami. Paling indah untuk berkunjung ke air terjun ini saat musim penghujan dan arus air terjun sangat deras. Tak jauh dari lokasi kita dapat menemukan bunga-bunga liar cantik yang tumbuh dengan alami disekitar area air terjun setinggi sekitar 75 meter ini.

Wisata Alam Kulon Progo ini terletak di pelosok Samigaluh dengan lokasi tersembunyi sehingga pengunjung yang datang tidaklah banyak.

10. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

 

Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh adalah termasuk dusun yang berprestasi.  Dusun ini pernah menjadi juara 3 pada lomba desa wisata tingkat nasional. Disinilah kita dapat menemukan lokasi wisata perkebunan yaitu kebun teh yang tumbuh di tanah setinggi 800 mdpl yang sejuk dan alami.

Selain pemandangannya kita juga dapat mencicipi rasa teh khas yang dihasilkan perkebunan teh ini. Teh khas ala kebun teh Nglinggo dibuat dari daun teh pilihan yang diseduh dengan campuran gula aren, alih-alih gula pasir seperti minuman teh pada umumnya. Sudah terbayang kan rasanya yang istimewa?

Untuk berkunjung ke area kebun teh kita hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3,000 rupiah per orang saja. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan, parkir serta pusat jajanan yang membuat pengunjung makin merasa nyaman.

11. Puncak Gunung Lanang

Puncak Gunung Lanang

 

Ini merupakan destinasi yang masih tergolong baru di kabupaten Kulon Progo karena baru dibuka pertengahan 2015 lalu. Sebagai daerah yang berbukit-bukit, puncak seperti ini akan banyak kamu temui di kabupaten yang beribukota Wates ini.

Apa yang istimewa dari tempat wisata di Kulon Progo ini? ya, meskipun disebut sebagai gunung tetapi sebenarnya Puncak ini merupakan sebuah bukit. Kelap-kelip kota wates di malam hari dan hijaunya alam di siang hari menjadi daya tarik puncak gunung lanang.

Belum lagi ditambah dengan sunset dan sunrise yang eksotis, tempat wisata baru ini memang benar-benar pantas kamu sambangi. Bahkan dari sini kamu bisa melihat gunung-gunung yang berjejer di Jogja-Jateng seperti Merbabu dan merapi dengan jelas.

Untuk menggapai puncak ini, kamu harus berkunjung ke Dusun Sibolong, Desa jatimuliyo, Kec. Grimulyo.

12. Air Terjun Kedung Pedut, Kembang Soka dan Taman Sungai Mudal

Air Terjun Kedung Pedut

Tentu kamu bertanya kenapa tiga tempat wisata di Kulon Progo yang berbeda ini dijadikan satu poin. Hal ini karena ketiga destinasi ini letaknya berdekatan. Ya! masih dari Desa Jatimuliyo di kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Bahkan kamu bisa berkeliling ketiganya hanya dengan berjalan kaki. Ketiga air terjun ini belum begitu ramai, sehingga dijamin nanti kamu bakalan dapet yang namanya pemandangn yang masih alami. Oh ya! Tempat wisata di Kulon Progo ini baru dibuka pada awal 2015 lalu.

13. Gardu Pandang Gunung Gajah

Gardu Pandang Gunung Gajah

 

Satu lagi tempat asik untuk menikmati alam dari ketinggian Kulon Progo, Gardu Pandang Gunung Gajah namanya. Bagi kamu yang suka blusukan ke tempat-tempat yang jauh dari keramaian, maka tempat wisata di Kulon Progo ini benar-benar wajib kamu kunjungi.

Letaknya ada di Dusun Teganing II, Desa Hagotirto, Kec. Kokap. Berjarak sekitar 44 km dari tugu 0 kilometer Jogja. Serta bisa ditempuh dalam 1.5 jam dalam kondisi normal.

14. Puncak Kukusan dan Kendeng

Puncak Kukusan dan Kendeng

 

Berbeda dengan Gunungkidul menonjolkan pesona pantainya, Kulon Progo akan lebih asik buat kamu yang suka pemandangan alam dari ketinggian. Nah, salah dua yang paling menarik adalah puncak Kukusan yang letaknya bersebelahan dengan puncak Kendeng.

Dari sini kamu bisa memandang indahnya jejeran gunung di Jawa Tengah. Tentu akan menjadi spot yang menarik bagi kamu yang doyan berpose dengan alam.

Objek wisata Kulon Progo yang baru dibuka ini dapat kamu nikmati hanya dengan HTM Rp. 2.000. Tak salah memang, meski indah namun akses ke lokasi ini tergolong sulit. Berada di Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kec. Salaman, Magelang, Jateng.

Ya, memang secara administratif letaknya di Magelang, tapi aksesnya lebih mudah jika dari Kulon Progo. Berjarak 37 km dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit.

15. Kedung Gandu di Prangkokan

Kedung Gandu di Prangkokan

 

Siapa sangka, Dusun Prangkokan di Desa Purwosari, Grimulyo tenyata memiliki pesona yang fantastis. Danau-danau kecil (Kedung) buktinya. Prangkokan memiliki 4 danau mini, tapi yang paling menarik adalah Kedung Gandu karena memiliki air terjun yang sangat bersih dan natural.

Jika kamu ingin kesini, pastikan kamu membawa perbekalan yang cukup dan dalam kondisi 100%. Sesampai di Desa Purwosari, jangan lupa untuk bertanya ke penduduk sekitar dimana letak dusun ini. Bahkan di google maps saja tempat ini belum terlisting, jadi dipastikan tempat ini hanya cocok bagi kamu yang bisa menikmati serunya sensasi nyasar.

Bagaimana, sudah siap berpetualang ke 15 tempat wisata di Kulon Progo diatas? Pastikan kondisi fisik dan kendaraanmu dalam keadaan prima karena untuk mencapai beberapa destinasi tersebut tak jarang kondisi jalannya kurang bersahabat.

Gambar Gravatar
Suka membaca tapi tak pandai menulis. Suka bercerita tapi seorang pendiam. Suka berpetualang tapi seorang introvert. Pemalas tapi tau cara tercepat menyelesaikan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *